Pengertian Indeks Glikemik


Dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, penderita diabetes harus memperhatikan jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut. Ada jenis karbohidrat yang cepat diserap tubuh (sehingga kadar gula darah melonjak dan cepat terasa lapar lagi), ada juga karbohidrat yang lambat diserap (sehingga kadar glukosa darah lebih stabil dan terasa kenyang lebih lama).

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa besar efek suatu makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan, dibandingkan dengan glukosa atau roti putih. Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang cepat dicerna dan diserap sehingga kadar gula darah akan meningkat dengan cepat secara signifikan. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah mengalami pencernaan dan penyerapan yang lebih lambat sehingga peningkatan kadar glukosa dan insulin dalam darah akan terjadi secara perlahan-lahan. Makanan dengan indeks glikemik rendah telah terbukti memperbaiki kadar glukosa dan lemak pada pasien-pasien diabetes melitus danĀ  memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, makanan dengan indeks glikemik rendah juga membantu mengontrol nafsu makan, memperlambat munculnya rasa lapar sehingga dapat membantu mengontrol berat badan pasien.

Indeks glikemik menunjukkan jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan, bukan jumlah karbohidrat. Peningkatan kadar gula darah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu JUMLAH dan JENIS karbohidrat yang dikonsumsi. Pada sebagian besar orang, kadar glukosa darah lebih dipengaruhi oleh jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Namun, jenis karbohidrat juga berpengaruh terhadap gula darah. Jadi, strategi yang optimal adalah mengontrol kedua aspek tersebut, yaitu jumlah dan jenis karbohidrat yang dikonsumsi.

Efek dari indeks glikemik suatu makanan akan berubah jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Maka, jika seseorang mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi sebaiknya dikombinasikan dengan makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga menyeimbangkan efek terhadap kadar glukosa darah.

Daftar makanan dengan indeks glikemik rendah

About dr. Regina

Seorang dokter yang peduli dengan kesehatan masyarakat dan aktif menulis di berbagai media.

2 Responses to “Pengertian Indeks Glikemik”

  1. dok saya mau bertanya, jadi apa saja makanan yang mengandung jenis karbo yang tergolong cepat diserap dan lambat diserap ? terima kasih

  2. salam kenal,tks dok atas infonya…cuma saya bingung… ibu saya menderita sakit hipertensi tekanan darah 200(saya lupa tek bawahnya)kadar gula 460,sering pusing kemudian di bawa ke dokter dan diberi obat penurun tek darah dan gula…awalnya dirawat dirumah dengan pemberian makanan yang disesuaikan dengan daftar indeks glikemik meskipun kadang2 dilanggar oleh ibu sehingga perubahan tek darah dan gulanya up and down jauh untuk kembali normal….kemudian dirujuk untuk dirawat di rumah sakit disana selain diberi obat untuk diminum juga ada yg harus disuntikkan lewat infus katanya untuk menurunkan gula darahnya tapi disatu sisi ibu saya kok diberi makan justru dengan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi.apa saran dokter?

Leave a Reply