Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes


kaki diabetesSalah satu komplikasi yang sering terjadi pada pasien diabetes melitus adalah masalah kaki. Misalnya luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh, infeksi bakteri atau jamur, dan yang paling parah adalah pembusukan jaringan sehingga perlu dilakukan amputasi. Masalah pada kaki penderita DM disebabkan oleh dua hal, yakni:

  1. Aliran darah yang buruk. Hal ini terjadi karena kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama. Aliran darah yang terganggu menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga kulit kaki menjadi lemah, mudah luka dan sukar sembuh jika terjadi luka.
  2. Kerusakan saraf. Hal ini juga terjadi karena kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama. Kerusakan saraf menyebabkan kepekaan seorang pasien DM terhadap rasa nyeri menjadi berkurang, sehingga pasien tidak sadar saat kakinya terluka.

Untuk mencegah terjadinya masalah kaki pada pasien DM, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikan kadar gula darah seoptimal mungkin dan berhenti merokok. Selain itu, pasien DM juga harus membiasakan diri merawat kakinya.

Perawatan harian yang dapat dilakukan adalah mencuci kaki dengan sabun dan air hangat. Setelah itu, kaki harus dikeringkan dengan benar sampai ke sela-sela jari agar tidak terinfeksi jamur. Oleskan pelembab untuk mencegah kulit kering, tetapi jangan oleskan pelembab pada sela-sela jari. Jangan merendam kaki Anda, karena akan membuat kulit rusak, sehingga mudah terkena infeksi.

Saat mencuci atau mengoleskan pelembab pada kaki, perhatikan kaki Anda! Apakah terdapat bercak merah, kapalan, luka, kuku yang tumbuh menusuk jari kaki, kuku kuning dan rapuh, pembengkakan kaki, kulit kaki pecah pecah ataupun melepuh. Perhatikan juga warna kulit kaki yang menjadi biru atau hitam. Hal ini menandakan aliran darah yang buruk sehingga butuh penanganan segera. Jika sulit untuk melihat telapak kaki, gunakanlah cermin atau minta tolong kepada orang serumah.

Guntinglah kuku kaki Anda setiap bulan dengan arah lurus, kikir ujung-ujung kuku yang tajam dengan pengikir kuku dan jangan menggunting kutikula kuku Anda.

Pasian DM harus selalu menggunakan alas kaki yang nyaman dipakai, baik di dalam maupun di luar rumah. Alas kaki tidak boleh kebesaran maupun kekecilan karena dapat menyebabkan kaki lecet. Periksalah bagian dalam sepatu sebelum menggunakannya untuk memastikan tidak ada benda tajam yang dapat melukai kaki.

Untuk menjaga aliran darah ke kaki tetap baik, angkat kaki Anda saat duduk, lalu gerakkan jari-jari kaki dan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah selama 5 menit sebanyak 2 -3 kali sehari. Jangan melipat kaki Anda dalam waktu lama!

Selain merawat kaki sendiri di rumah, pasien diabetes juga perlu memeriksakan kakinya ke dokter sambil memeriksakan kadar gula darahnya. Dokter akan memeriksa denyut nadi kaki Anda, sensibilitas, dan kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada kaki Anda.

About dr. Regina

Seorang dokter yang peduli dengan kesehatan masyarakat dan aktif menulis di berbagai media.

16 Responses to “Perawatan Kaki Bagi Penderita Diabetes”

  1. TRIMS dr. Regina. Artikelnya. Saya merasa lega membacanya. Semoga bermanfaat untuk kehidupan manusia di dunia ini. Amin>>>>>

  2. Trimakasih, info yg sangat bermanfaat

  3. dok.gula darah sy sekarang 285., padahal sy sedang razin berolah raga / fitnes., lalu apakah kadar gula darah sy bisa sembuh total atau tdk jika sy terus melakukan olah raga tersebut.. makasih sblmnya dok., mohon petunjuk

    • satriya bayu erlangga Reply 20 April 2013 at 11:40 PM

      rekan saya hj. siti romzah di lamongan yg usiax 68 thun mnderita kencing manis slma 6 thun. stlh beliau mlakukan terapi produk prlebahan, hsilx beliau mngalami prubahan yg mmbaik. gula darah beliau brangsur2 mngalami pnurunan, yg awalx 429mg/dl, mnjadi 300mg/dl. stlh di terapi scra rutin, dlm jangka 10 hari, gula darahx turun lgi scra drastis mnjadi 108mg/dl.

  4. seumpama sudah terdapat luka itu trz bagai mana???
    karena sudah perah lukanya tertutup dan tak lama kemudia luka berpindah d tempat yang lain.
    trz klau kayag begini apa yang harus dilakukan.

    semua macam obat dan terapi sudah pernah d coba tapi msih tetp.

    langkah apa yg harus kami lakukan???
    terimakasih
    :D

  5. yth ibu dr. Regina,
    Apabila kaki sudah mulai kelihatan mengelupas, apa yang sebaiknya dilakukan dan obatnya? apakah dibolehkan menggunakan lotion yang ada di pasaran dan berbahayakah?
    Terimakasih.

  6. Apabila telapak kaki belah2 apa sebaiknya yang boleh dilakukan dalam perawatan dan pengobatan kaki diabetes?

    • yth. ibu Martini
      Perwatanan kaki pecah-pecah (istilah bahasa sunda ROROMBEHEUN) bisa diatasi dengan mengoleskan obat/salep khusus. bagi penderita diabetes pun bisa juga diberikan perawatan tsb asalkan tetap memperhatikan prosedur pengobatan dan pemeliharaan kesehatan kaki pasien tsb.

  7. Saya minta susunan menu untuk penderita diabetes yang sesuai dengan keadaan saya ginjal tinggal satu,setelah diangkat pada tahun 2003 yang lalu, usia saya 62 tahun.Terima kasih atas perhatiannya

    • yth. Ibu Martini

      untuk masalah pengaturan Gizi Makanan Penderita Diabetes dan penyakit Ginjal dapat dikonsultasikan khusus dengan dokter ahli dengan memperhatikan susunan zat gizi dan perhitungan kalori dari makanan yg hendak dikonsumsi. (dokter ahli akan merekoendasikan menu dgn jumlah takaran seimbang sesuai kebutuhan gizi yg ibu perlukan).

  8. dear dokter, ibu saya penderita DM dan baru saja mengalami infeksi jempol kaki karena kukunya hampir lepas. jari bengkak dan kebiruan,akhirnya harus dicabut dan dibersihkan pula kapalan di sekitarnya. pertanyaan saya: apakah infeksi ini bs menyebar ke jari kaki yg lain? antisipasi apa yg bs dilakukan agar tdk menyebar?
    jari tangan ibu saya jg sering melepuh kebiruan, apa sebabnya?
    terima kasih…

  9. bu dr regina..
    bu saya mau mintak tolong..
    ayah saya kan lg sakit diabetes.. trus kaki nya bengkak sampai keluar nanah.. dan badan nya sampai kurus,,, gimanaa bu tolong akuu.. bnran buu secepat nya ea info nya

    • segera berikan pertolongan medis, keterlambatan penanganan pasien penderita luka (Penderita Diabetes yg mengalami luka) akan menyebabkan berbagai resiko negatif seperti; AMPUTASI.

  10. yth dr. regina,
    ibu saya lg sakit DM, luka di jempol kakinya awalnya cuma satu, tapi skrg bertambah dua. waktu periksa darah 2bln lalu di lab, kdr gula darahnya sekitar 400an, kemaren periksa lagi kadar gula darah (tidak puasa) ternyata turun menjadi 138. nah yang saya bingungkan kenapa kadar gula darah udh turun tapi lukanya bertambah banyak? trus nyeri di kakinya itu katanya luar biasa nyerinya, sementara dokter ngelarang minum obat nyeri, saya ga tega ngeliat ibu saya merintih kesakitan, kalo gitu apa yang mesti di lakukan kalo nyerinya kambuh?

    terima kasih sebelumnya. :)

  11. Pantastic dengan artikel2nya, salut banget deh saya yakin artikel Anda banyak berguna bagi masyarakat dunia

  12. suami saya penderita diabetes sudah sekitar20 tahun.pernah luka di jari tangan.bisa sembuh tapi lama,sekitar 1 tahun.sampai sekarang masih merokok.cek kadar gula 2 minggu yg lalu 380.keluhan sekarang kaki keatas terasa sakit sampai ke hati.apa yang harus saya lakukan.

Leave a Reply